Navigation Menu

Cara Mudah Membuat Paspor

Halllo guys kali ini aku akan bagi info tentang cara membuat paspor. seperti yang kalian tau klo liburan ke luar negeri itu membutuhkan paspor, tapi terkadang orang bingung bagaimana cara membuat paspor dan kira-kira dokumen apa aja yang harus di bawa. nah yuk di simak infonya.

Hari ini Rabu 13 September 2017 aku akan membuat paspor di kantor imigrasi kelas 1 Pondok Pinang Jakarta selatan. kebetulan aku kurang tau lokasinya dimna dan akhirnya aku memesan ojek online karna aku yakin driver ojek online pasti tau. sebelum aku kekantor imigrasi, aku terlebih dahulu mendaftar via aplikasi antrian paspor sekitar 2 minggu sebelumnya. aplikasi antrian paspor ini bisa di download melalui playstore. saat kamu buka aplikasinya kamu akan melihat tampilan seperti ini.


Untuk yang belum memiliki akun silahkan daftar terlebih dahulu. nah untuk kamu yang sudah memiliki akun bisa langsung login menggunakan username dan password yang kamu daftarkan. setelah itu akan muncul menu seperti di bawah ini.

Di menu ini kamu disuruh untuk memilih kantor imigrasi mana yang akan kamu kunjungi untuk membuat paspor, klo bisa kantor imigrasi yang dekat dengan rumah. setalah itu akan muncul form permohonan, berupa tanggal dan waktu permohonan. kemudian kamu harus mengisi beberapa biodata diri, seperti yang ada di bawah ini.



Setelah kamu isi lengkap data diri kamu, maka akan muncul info jadwal pengajuan paspor. coba klik pada kolom jadwal maka akan muncul barcode seperti ini.  barcode ini yang harus kamu tunjukan kepada petugas imigrasi untuk pengambilan no antrian dan formulir pendaftaran. 


Saat kamu ke kantor imigrasi jangan lupa membawa dokumen yang dibutuhkan, seperti :
  1. akte kelahiran (asli dan fotocopy)
  2. kartu tanda penduduk (asli dan fotocopy)
  3. kartu keluarga (asli dan fotocopy)
  4. surat keterangan domisili (bagi pendatang) tidak semua kantor imigrasi meminta surat domisili 
Kamu harus menunggu beberapa saat sampai no antrian kamu dipanggil. Setelah itu kamu akan berhadapan dengan petugas imigrasi, disini akan di tanya terkait keperluan kamu membuat paspor. apakah untuk bekerja, naik haji atau sekedar liburan. kemudian kita akan di foto dan di mintai sidik jari,  dan selesai. kamu akan di berikan bukti pengantar pembayaran  yang berisi no registrasi pembayaran dan biaya pendaftaran.

Pembayarannya bisa tunai melalui bank/ pos persepsi atau bisa melalui atm. Jangan lupa untuk menyimpan struk pembayaran yang nantinya akan di serahkan kembali saat pengambilan paspor beserta lembar bukti pengantar pembayaran. untuk waktu pembayaran selamabat-lamabatnya 7 hari setelah permohonan dan pengambilan paspor 3 hari kerja setelah melakukan pembayaran. 

gimana, mudah bukan so tunggu apalagi liburan tidak bisa menunggu. 

Salam LIBURAN MANIAK. Jangan lupa setalah baca tinggalkan jejak berupa komentar.

0 CHATTING: