Navigation Menu

Sempu Yang Sepi



yuk intip indahnya pulau Sempu dan menikmati kesunyiian di tengah indahnya debur ombak
 
Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wikipedia

Dari stasiun pasar senen kita bisa menggunakan kereta menuju stasiun Malang kota lama (bagi wisatawan dari jakarta), kemudian carter angkot untuk menuju ke pulau Sempu. sekedar informasi pulau sempu merupakan cagar alam jadi masih "perawan". agak susah memang untuk mendapatkan izin memasuki pulau sempu tapi waktu itu aku beserta rombongan menyewa penduduk lokal sebagai guide.

kelebihannya menyewa guide, pertama kita lebih mudah untuk mendapatkan izin memasuki kawasan pulau sempu,(mungkin karna petugas percaya terhadap penduduk lokal) kedua mereka lebih tau dan paham dengan situasi dan kondisi alam sekitar (jadi merasa terlindungi gitu). untuk guide bisa kordinasi dengan supir angkot atau biasanya mereka sendiri yang menawarkan untuk mencari guide.

PERLENGKAPAN YANG HARUS DI PERSIAPKAN

enggak jauh berbeda dengan perlengkapan naik gunung, ketika kamu kepulau Sempu kamu harus bawa :
  1. Tenda (karna disana enggk ada rumah apalagi hotel)
  2. peralatan masak, kompor, nesting
  3. makanan instan atau sayuran yang tidak mudah busuk. (enggk usah bawa dari jakarta kamu bisa belanja dulu sebelum sampai ke dermaga penyebrangan kapal)
  4. air mineral yang buanyakkkkkk
  5. Tisu basah dan kering
  6. jangan lupa siapkan hati untuk liburan lupakan sejenak kepenatan
kita akan naik angkot sampai ke dermaga, kemudian naik perahu untuk menyebrang. dari sana kita akan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2 sampai 3 jam melewati hutan belantara.kita harus hati-hati karna banyak binatang buas berkeliaran.


jauhnya perjalanan sebanding dengan keindahan yang di dapat. sesampainya di pantai segar anakan, kita akan di suguhkan dengan pemandangan pantai yang berwarna hijau tosca tidak lupa monyet2 yang berdatangan "terasa sedang di sambut hehehehe"


Di Pantai Segar Anakan ini gak ada air bersih makanya kamu harus irit2 dalam menggunakan air.disini kamu akan merasakan gimana serunya hidup di alam terbuka. mandi gak mandi sama aja karna tetep lengket soalnya mandi pake air laut. makan seadanya tapi cukup nikmat karna kebersamaan



ini foto diatas tebing yang memisahkan lautan lepas dengan pantai segar anakan
kami berada di pulau Segar Anakan selama 2 hari 1 malam, dengan waktu yang super singkat tapi masih bisa menikmati liburan.

so buat  kalian yang ingin berkunjung kesini persiapkan segalanya dengan matang, dan ingat jangan pernah membuang sampah sembarangan. baik itu cagar alam atau bukan menjaga lingkungan sudah menjadi kewajiban. bawa kembali sampah yang kita bawa jangan pernah meninggalkan apapun. 


Salam LIBURAN MANIAK. Jangan lupa setelah baca tinggalkan jejak berupa komentar

0 CHATTING: