Navigation Menu

Enak Mana Nasi Lemak Malaysia Dengan Nasi Uduk Indonesia

Hallooooo Foodie  ^_^
Kalian pasti sering dong denger yang namanya nasi lemak khas Malaysia, terkhusus untuk kalian pecinta film kartun Upin dan Ipin. Banyak yang bilang kalo nasi lemak itu sama dengan nasi uduk khas Indonesia, bener gak ya ?. 

Beberapa bulan yang lalu tetepatnya tanggal 7 Oktober 2017, saya berkesempatan berkunjung ke negara tetangga yaitu Malaysia selama 2 hari. Saya tipe orang yang memiliki lidah indonesia banget. Suka dengan makanan yang punya banyak rempah-rempah, jadi agak susah cari makanan yang pas di lidah saya. 

Hari pertama di Malaysia saya makan nasi campur, belinya di restoran India. Mirip dengan makanan Indonesia tapi rasanya terlalu hambar. Disana menyediakan sambal tapi jangan harap kamu merasakan sensasi pedasnya makan cabai, karna tidak ada rasa pedas sedikit pun.

Belajar dari pengalaman sebelumnya akhirnya untuk makan malam saya pesan nasi lemak yang katanya mirip nasi uduk Indonesia. Saat itu dalam benak saya "ah mungkin kali ini saya bisa makan". 



Dari tampilan dan menunya terbilang sama, hanya saja nasi uduk Indonesia punya banyak toping. Mulai dari orek tempe, bihun/mie, telor, ikan teri, kerupuk, gorengan, semur tahu tempe dan bahkan jengkol. pokoknya beragam deh. Lain halnya dengan nasi lemak hanya terdiri dari telor rebus, ayam goreng (super besar), teri main bola, sambel dan timun. Hampir di tiap toko toping dan penyajiannya sama. 

Soal rasa nasi uduk itu tidak hanya gurih tapi ada campuran rasa lain dari bumbu2 yang di campurkan seperti salam, sereh dan lain2, rasanya lebih kompleks. Nasi lemak hanya terasa santan tidak asin ataupun gurih layaknya nasi uduk. sepertinya tidak ada tambahan penyedap rasa atau garam apalagi bumbu dan rempah2.

Tetapi nasi lemak memiliki porsi yang begitu banyak, untuk 1 porsi nasi lemak kamu bisa makan untuk 2 orang, harganya cukup terjangkau kisaran 4-5 RM atau sekitar Rp.15.000/20.000.

Kalo foodie bertanya, mana yang lebih enak nasi lemak atau nasi uduk, saya akan jawab dengan lantang NASI UDUK INDONESIA. Kenapa ? bukan karna saya orang Indonesia dan harus cinta tanah air tetapi ya itu tadi indonesia memiliki masakan yang kaya akan rempah2 sehingga menciptakan masakan yang unik tidak hanya asin atau manis. Tapi semua itu kembali kepada selera masing2 karna banyak juga orang Indonesia yang gak suka dengan masakan yang terlalu banyak bumbu. 

OK deh mungkin itu pengalaman aku mencicipi nasi lemak kha Malaysia, semoga bisa mencicipi makanan khas negara lain di waktu mendatang. semoga kalian yang baca juga bisa berkunjung ke Malayasia dan mencicipi nasi lemak. aamiin 

SALAM AJIBBB 

1 CHATTING:

Cory Pramesti mengatakan...

Tetep, gue lebih milih nasi uduk, hehehe :D


www.lifeascory.com